Kurang 2 Hari Lagi Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.go.id, Berikut Persyaratannya Dan Cara Unggah Supaya Bisa Lolos

PelajarKertosono - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang tepatnya akan dibuka mulai 19 September 2018. Pendaftaran CPNS 2018 via online di sscn.bkn.go.id usahakan semua berkas syarat-syaratnya CPNS 2018 anda penuhi.


Maka dari itu simak petunjuk yang sudah diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika mengenai tata cara unggah syarat CPNS 2018 agar tidak mendapat gangguan ketika proses registrasi via online.

Dalam rapat yang dilaksanakan hari Jum'at, 15 September 2018, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKN), Bima Haria Wibisana menjelaskan jika pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan mulai dibuka hari Rabu, 19 September 2018. Dan di hari yang sama juga, semua portal sistem seleksi CPNS Nasional (SSCN), sscn.bkn.go.id sudah bisa diakses.

Diharapkan pula melalui portal itu nantinya para pelamar CPNS 2018 bisa untuk login dan juga upload berkas lamaran. Meski demikiab sudah pasti para pelamar akan menemui hambatan ketika menggungah dokumen. Hambatannya mungkin bisa seperri lemotnya portal sscn.bkn.go.id saat hendak di akses yang akhirnya berujung pada kegagalan mengunggah dokumen.

Maka dari itu untuk mengatasi kendala itu, BKN memberikan tips supaya file yang diunggah bisa terunggah secara lancar, dan berikut caranya.

  1. Semua riwayat pelacakan, cache, dan cookies dibersihkan.
  2. Pastikan jaringan internet stabil
  3. Gunakan koneksi internet yang menyediakan ruang bandwith cukup yang membuat proses pengiriman file atau berkas tidak terjadi kendala.


Portal tersebut nantinya akan memberikan informasi mengenai instansi yang membuka lowongan, formasi, jabatan, dan juga persyaratan CPNS 2018 yang akan benar-benar disampaikan.

Maka dari itu BKN menghimbaukan kepada calon pelamar supaya menyicil berkas umum untuk persyaratan CPNS. Dokumen persyaratan CPNS 2018 mengacu pada pendaftaran tahun sebelumnya yang sebagai berikut.

Bagi S1/ tenaga profesional syarat maupun dokumen yang harus dipersiapkan ialah :

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah serta Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  4. Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar dan latar belakang merah.


Untuk lulusan D III dan SMA/sederajat Dokumen tambahan ialah sebagai berikut :

  1. Materai Rp 6.000
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi ijazah/STTB
  4. Fotokopi ijazah SD
  5. Fotokopi ijazah SLTP
  6. Fotokopi ijazah SLTA.


Yang perlu diperhatikan lagi, ini hanya tips dari BKN supaya proses mengunggah syarat CPNS 2018 tak menemui kegagalan, jadi hanya gambarannya saja, tapi tidak ada salahnya mempersiapkan mulai dari sekarang bagi yang belum menyiapakan karena masih ada waktu.

Hal ini dikarenakan, berkas persyaratan CPNS 2018 yang bisa diunggah nantinya bakal ditentukan oleh masing-masing instansi. Sistem pendaftaran serta seleksi CPNS 2018 cuma bisa dilakukan melalui portal nasional melalui tautan http://sscn.bkn.go.id. Dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri yang dilakukan instansi.

Web sscn.bkn.go.id nantinya juga akan berfungsi setelah semua kementerian, lwmbaga serta daerah sudah memasukkan formasi dan juga persyaratan pelamar yang mana proses ini berlangsung sampai 18 September 2018.

Bima juga menambahkan, berkas persyaratan yang harus disiapkan semua instansi penerima CPNS 2018 supaya memberikan persyaratan yang wajar wajar saja tanpa harus berbelit belit karena akan menyusahkan para pelamar.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menghimbaukan kepada para calon peserta supaya semua persyaratan telah terpenuhi dan sudah sama dengan prosedur yang telah ditetapkan. Akan tetapi beberapa masalah mungkin akan dialami oleh calon pelamar saat mendaftar.

Berkaca pada pendaftaran CPNS tahun 2017, ternyata ada banyak kendala yang dialami oleh para calon pelamar. Untuk mengatasi semua kendala itu, ada beberapa cara untuk mengatsai kendala serta solusinya, mengutip dari laman TribunStyle.com berikut ulasannya:

1. Nomer Identitas Kependudukan (NIK) atau Kartu Keluarga (KK)


NIK atau KK ternyata sering tidak dijumpai saat mendaftar pada situs resmi milik sscn.bkn.go.id. Solusinya ialah sebagai berikut:

Pastikan terlebih dahulu NIK dan KK yang akan digunakan untuk mendaftar online via https://sscn.bkn.go.id telah terdaftar dan update dalam database kantot kependudukan dan Pencatatan Sipil di pusat.

2. Keliru memasukkan data

Hal ini mungkin kurang telitinya para pelamar untuk memahami fitur-fitur yang tersedia di portal sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) serta tata cara mengisi kolo di dalamnya, hal ini yang membuat data pengisian menjadi tidak sesuai dengan apa yang diminta.

Dan selain itu, para pelamar juga sering terburu-buru mendaftar, sebelum memastikan kembali apakah data input sudah benar. Yang perlu diketahui lagi, kesalahan data input tidak bisa diperbaiki lagi.

Untuk solusi cukup gampang kok, para pelamar hanya perlu berhati-hati dan lebih teliti lagi dalam mengisi data.

3. Menginput dokumen pendaftaran


Kendala ketiga ialag salahnya menginput dokumen pendaftaran. Ini terjadi karena para pelamar tidak mencermati syarat maupun kualifikasi dan dokumen yang diminta.

Solusinya ialah, pahami dulu kualifikasi, syarat serta alur atau mekanisme pendaftaran. Selain melakukan persiapan infrastruktur pendaftaran (melalui SSCN), pelaksanaan seleksi administrasi sampai tes akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT BKN), pihak BKN juga tengah membentuk tim Helpdesk CPNS TA 2018 guna mengantisipasi kendala-kendala dalam pendaftaran CPNS 2018.

BKN secara aktif juga akan memberikab layanan informasi melalui akun resmi BKN baik lewat media sosial maupun website. Informasi resmi mengenai pengumuman,  pendaftaran, hingga proses seleksi hanya akan disampaikan lewat akun resmi institusi Pemerintah.

Menyiapkan berkas yang dibutuhkan

Penting juga dan perlu diperhatikan untuk menyiapkan semua berkas-berkas untuk pendaftaran CPNS 2018. Karena pada tahap tes pertama yang harus ditemui oleh pendaftar ialah tes administrasi.

Apabila tes administrasi telah lolos, baru pendaftar akan menuju tahap seleksi selanjutnya. Maka dari itu, pendaftar untuk tidak menyepelekan persiapan berkas-berkas serta tes administrasi. Dan berikut ulasan daei TribunStyle.com agar lolos tes administrasi.
  1. Lembar persyaratan perlu dibaca berulang-ulang dan sampai teliti.
  2. Jaringan internet yang kencang juga perlu dipersiapkan. Hal ini dikarenakan pendaftar pastinya ada ratusan ribu yang mencoba mwngakses serven dan berimbas pada server akan down. Coba untuk mengakses website malam hari atau di hari libur, jangan pagi atau siang hari.
  3. Siapkan bahan yang diperlukan dalam bentuk foto kopi dan sudah di scan untuk pendaftaran online. Dan jangan lupa, ukuran dokumen juga perlu diperhatikan.
  4. Sebelum daftar online alangkah baiknya baca terlebih dahulu FAQnya supaya nanti jika ada masalah bisa tahu solusinya.
  5. Cek terus menerus supaya aman sebelum submit data online atau sebelum berkas dikirimkan.