Tutorial Mengeluarkan Siswa Putus Sekolah di EMIS Tahun Pelajaran 2018/2019

PelajarKertosono - Pembahasan terkait EMIS rasanya gak ada habis - habisnya hal ini terlihat dari berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para teman - teman operator yang dimana dalam melakukan update data kadang menemukan kendala yang dimana proses pemecahannya masih belum ada yang artinya menu yaang disediakan untuk eksekusi belum bisa digunakan jadi kadang ada sebagian yang bingung karena hal tersebut merupakan pekerjaan yang harus dikerjakan dan jika masih ada yang belum bisa di proses tentunya akan membuat kita jengkel apalagi kita ingin menyelesaikan pekerjaan tapi masih terkendala beberapaa faktor.

Dari berbagaai kendala yaang sempat tertunda karena menunya belum aktif adalah untuk menghapus daata siswa yang dimana siswa tersebut DO ataupun meninggal yang artinya siswa tersebut sudah tidak tercatat di lembaga. Dalam hal ini tentunya kita kebingungan karena menu hapus tidak ada jadi siswa masih berada di emis yang akhirnya data siswa di emis belum sama.

Admin mencoba menggunakan menu mutasi yang sebelumnya menu mutasi ini belum bisa digunakan untuk membuang/menghapus siswa karena ketika di simpan hanya muter - muter gak jelas dan gak berhasil tapi tadi malam setelah admin coba eksekusi dan alhamdulillah berhasil membuang siswa dengan menggunakan menu yang disediakan di EMIS. dalam hal ini tentu langkah - langkah melakukan aksi ini tentu teman - teman opm paham tapi tidak ada salahnya admin jelaskan langkahnya siapa tahu ada teman opm yang baru dalam menggarap emis.

Adapun langkah - langkahnya sebagai berikut :

1. Masuk ke laman URL http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/

2. Kemudian masukkan username dan pasword lanjut klik login

3. Kemudian setelah masuk ke aplikasi langsung masuk ke menu siswa aktif.

4. Selanjutnya cari siswa yang akan di hapus dari EMIS yang dimana siswa tersebut sudah tidak berada di madrasah daan bukan pula siswa tersebut pindah madrasah melainkan siswa tersebut meninggal ataupun sudah putus sekolah.

5. Kemudian klik menu aksi lalu submenu mutasi.

6. Selanjutnya akan tampil seperti gambar dibawah ini :


7. Lalu isikan status siswa keluar dan alasan keluar.

8. Kemudian simpan dan jika berhasil akan tampil seperti gambar dibawah ini :



9. Selesai. di siswa aktif siswa sudah tidak gentayangan lagi.