Tutorial Membuka serta Edit Template EMIS Madrasah 2019

PelajarKertosono - Pada EMIS Madrasah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 ini ada yang berbeda, salah satunya adalah template. Jika pada Tahun Pelajaran 2018/2019 lalu template PPDB bisa digunakan oleh seluruh jenjang, untuk kali ini template PPDB hanya digunakan khusus untuk jenjang RA.

Lalu bagaimana untuk Siswa PPDB jalur umum untuk jenjang MI, MTs dan MA? Tentunya denga input manual satu persatu, menggunakan fitur Siswa Baru (Umum).

Saat ini pada fitur template pada EMIS Madrasah sudah muncul beberapa template yang bisa diunduh dan diunggah. Dan untuk yang terpenting adalah template Siswa Aktif. Yang terdiri dari 7 template, yaitu Kebutuhan Khusus, NIK, NISN dan NIS Lokal, Tempat Tinggal, Informasi Orang Tua, Alamat Tinggal Orang Tua, Status Sekolah Sebelumnya dan UN Jenjang Sebelumnya. Mengingat banyaknya detail siswa yang harus dilengkapi, maka EMIS Madrasah mengeluarkan template ini. Tentunya tidak semua siswa pada madrasah yang akan muncul namanya di template tersebut, hanya siswa yang detail siswanya belum lengkap saja.

Sebelum mengunduh template siswa, pastikan jika seluruh siswa baik siswa baru dan siswa mutasi telah terinput lengkap pada akun EMIS Madrasah masing-masing madrasah. Agar nantinya tidak ada siswa yang terlewat belum terisi detail siswanya.

Untuk mengunduh template, operator cukup klik tanda berwarna biru dengan tanda panah kebawah. Nantinya file template akan otomatis terunduh. File template yang terunduh berbentuk CSV. Tentunya file ini tidak bisa dibuka sembarangan karena tampilannya akan berubah, menyimpan informasi yang dipisahkan oleh koma, bukan menyimpan informasi dalam kolom.


Masih banyak operator yang merasa bingung bagaimana mengedit data siswa jika tampilan seperti diatas. Solusinya ada 2 cara, dengan mengubah secara manual atau dengan menggunakan Google Spreadsheet. Menggunakan Google Spreadsheet lebih mudah, karena tidak perlu lagi mengubah secara manual. Hanya  saja pengerjaannya harus online.


1. Buka Google Spreadsheet via Chrome di https://www.google.com/intl/id_id/sheets/about/
2. Klik Buka Google Spreadsheet
3. Klik Kosong dengan tanda tambah ditengahnya


4. Klik File
5. Klik Buka atau Ctrl+O


6. Klik Pilih File dari Perangkat Anda


7. Isi data siswa dengan lengkap
Yang perlu diperhatikan, bahwa Kode Sekolah dan Kode Siswa juga Nama Siswa tidak boleh dihapus dan diubah sama sekali. Karena jika berubah, kemungkinan besar nantinya CSV jika sudah tersimpan tidak akan berhasil diunggah di EMIS Madrasah


8. Ketika proses input data siswa sudah selesai, klik File
9. Klik Download
10. Klik Nilai yang dipisahkan dengan koma (csv, sheet saat ini)


Lalu file CSV terbaru yang sudah diunduh, bisa diunggah kembali pada menu Template dan disesuaikan dengan csv apa yang akan diunggah.